Laman

Tips Memperbaiki dan Merawat Rem (Brakes) sepeda gunung (MTB)

Rem (brakes) merupakan komponen yang sangat penting dalam bersepeda, sangat berbahaya jika kita bersepeda tanpa adanya komponen ini. Rem depan maupun belakang sepeda kita tentunya memerlukan perawatan sehingga dapat berfungsi dengan baik sehingga kita aman dan nyaman dalam bersepeda.

Berikut kami coba memberikan Tips dan Trik langkah sederhana untuk memperbaiki dan merawat komponen Rem sepeda gunung anda. Siapkan Toolset, Pelumas dan Cairan pembersih, buku manual.
1. Periksa kampas rem sepeda anda, baik anda yang menggunakan tipe konvesional (V-brake) atau menggunakan tipe Disc brake (cakram).
- Untuk V-brake cek kampas rem baik depan dan belakang, pastikan ketebalan masih mencukupi dalam arti masih bisa menempel pada pelek (rims) sepeda anda jika tuas rem di tarik.
- Untuk Disc Brake (cakram) pastikan kampas rem anda baik depan ataupun belakang masih tebal dan masih bisa menempel pada cakram (disc) jika tuas rem (brake lavers) ditarik.
Baik V-Brake atau Disc Brake pastikan kampas rem dapat bergerak secara bersama pada saat di lakukan pengereman.
2. Jika mempunyai buku panduan cara melakukan perawatan brakes (rem) sepeda anda, buku panduan tersebut dapat di jadikan acuan untuk perawatan, jika tidak tidak usah kuatir karena pada perinsipnya rem dengan V-brake dan Disc brake tidak terlalu berbeda jauh.
- Untuk V-brake jika kampas rem masih tebal dan layak tapi rem tidak berfunsi dengan baik, hal tersebut bisa terjadi karena setingan knob pada tuas rem baik depan dan belakang yang terpasang di stang kemudi tidak diatur dengan benar.
Putur dan aturlah knob pengatur tarikan (kabel) baik depan dan belakang, sesuaikan dengan kebutuhan pengereman, usahakan ketika tuas di tarik tidak terlalu dalam (dekat dengan handlebar-kemudi) atau terlalu jauh.
Ingat! jangan lumasi kampas rem anda hal ini membuat licin gesekan kampas dengan pelek (rims)
Untuk pengaturan knob brake levers (tuas rem) anda memerlukan tools standart dan tang untuk pengencang knob.
- Untuk Disc Brake jangan takut rusak meski terlihat lebih rumit tapi jika di lakukan dengan benar semuanya pasti berhasil. Disc brake ada dua macam dalam MTB sepeda gunung, ada yang masih menggunakan kabel ada yang sudah menggunakan hidrolis system (minyak rem).
Untuk yang masih menggunakan kabel (kawat) pastikan jika tuas rem di tarik master rem dapat bekerja dengan benar. Ketika Tuas di tarik otomatis master rem bekerja dengan menekan campas rem bagian dalam sehingga kampas rem menjepit disc brake (cakram). Jika kampas masih tebal dan rem tidak berfungsi dengan baik, bisa di coba dengan atur memutar kampas bagian luar sehingga terlihat lebih masuk (mendekati cakram).
Atur knob baik pada tuas rem dan  master rem, pastikan ketika tuas di tarik kampas menjepit cakram sempurna dan jarak tuas tidak terlalu dalam atau terlalu pendek  (jarak dengan handle bar (stang kemudi) jika di tarik (pengereman)
Lumasi kawat rem dengan semprotan pelumas yang banyak di jual, jangan terlalu banyak karena jika mengendap dan bercampur kotoran akan menggumpal. Ingat! jangan lumasi kampas rem anda hal ini membuat licin gesekan antara kampas dan disc brake (cakram)
Untuk anda yang sudah menggunakan tipe hidrolik (minyak rem) pastikan minyak rem dalam kondisi selalu ada pada box master rem tuas (dekat handlebar) jika kosong segeralah isi dengan minyak rem standart yang banyak di jual.
Pastikan Jika tuas di tarik kampas dapat menekan disc (cakram) dengan sempurna. Sama halnya untuk setingan knob model kawat maupun hidrolis.
Tips : Jika kampas ada masih terlihat bagus dan tebal akan tetapi ketika di rem terdengar bunyi, bersihkan kampas dan cakram dengan menyemprotkan WD-40 atau dengan menggosok cakram dengan air sabun dan lap dengan kain bersih. Lakukan hingga bunyi hilang.
3. Untuk mengganti kampas rem yang sudah aus atau tipis siapakan kunci L dan peralatan standart lainnya.
Untuk melepas dan menggati model rem V-brakes sangat sederhana caranya, tekan kedua sisi dudukan kampas lepas kawat pengaitnya. Setelah dudukan lepas barulah lepas kampas rem dengan kunci L. Untuk mempermudah penggantian lepaslah dulu roda depan dan belakang anda.
Untuk Mengganti kampas rem model disc brake (cakram) siapakan toolset standart lepas roda depan dan belakang, lepaslah master rem sehingga anda dapat leluasa membongkar kampas rem (jika ada buku petunjuk produk master rem yang anda pakai ikutilah secara seksama).
Untuk disc brake dengan master rem hidrolis anda perlu sedikit ketelitian di sini, pastikan ketika melepas master dari cakram jangan sampai tuas rem tertekan, karena akan membuang percuma minyak rem pada box minyak. Ikuti buku petunjuk dengan seksama untuk penggantian campas rem. Rem dengan teknologi hidrolis sudah ada yang menggunakan piston (seperti sepeda motor cakram) piston ini berfungsi menekan kampas rem.
Rawatlah selalu kebersihan kampas rem anda, cek selelu kondisi tuas, kabel dan minyak rem. Jika sepeda gunung anda habis di pakai di medan offroad dan banyak kotoran yang menempel segeralah bersihkan.
Komponen sepeda yang terawat akan memberikan kenyamanan dan keamanan ketika bersepeda, happy cycling.

cara dan langkah-langkah men setel fd dan rd sepeda gunung mtb atau balap



Komponen utama untuk menggerakkan sepeda adalah kombinasi gear depan dan belakang yang dihubungkan rantai digowes dengan tenaga manusia untuk memutar roda. Berbeda dengan sepeda model lawas, yang biasanya hanya memiliki satu kombinasi kecepatan, Di sepeda modern, biasanya memiliki beberapa kombinasi kecepetan (Speed), hal ini ditandai dengan beberapa gear sprocket di belakang (6 – 9 utk MTB) dan 2-3 bilah chainring di crank depan. Sedang banyaknya gigi/tooth utk masing-masing bilah sprocket ataupun chainring juga terdiri dari beberapa kombinasi.
Piranti utama untuk memindahkan rantai dari bilah sprocket/chainring satu ke yang lain adalah derailleur, yang terdiri dari 1  unit rear derailleur belakang/   (RD) dan 1 unit Derailleur depan/Front Derrailleur (FD). Sedang alat pengontrol untuk masing-masing derailleur ini adalah keberadaan 1 set shifter yang terpasang di setang sepeda.
Sebagai peralatan yang bersifat mekanis, FD/RD harus disetel secara berkala, terlebih untuk sepeda MTB yang sering digunakan melahap medan-medan offroad, dengan berbagai kombinasinya. Bila saat kita mengalami kendala FD/RD tidak mau berada dalam posisi yang kita inginkan, walaupun indikator di shifter sudah menunjukkan angkanya, itu artinya sudah waktunya dilakukan penyetelan ulang atas RD/FD sepeda anda. Tidak perlu kabur ke bengkel sepeda untuk hal ini, cukup sediakan standar sepeda dan sebuah obeng, serta sedikit ketelatenan, kita dapat nyetel FD/RD sendiri di rumah kok.
Penyetelan Derailleur Belakang (RD)
  • Pasang sepeda pada standar segitiga, ini diperlukan karena saat menyetel RD kita perlu memutar crank untuk mengetes perpindahan gear.
  • Penyetelan Top. Tempatkan rantai pada sprocket terkecil, dan perhatikan baut penyetelan di RD, pasang obeng di Sekrup Setelan Top (Top Adjustment Screw) dengan posisi anda dibagian belakang atas RD, putar Setelan Top sehingga guide pulley berada dalam posisi segaris dengan sprocket terkecil.OLYMPUS DIGITAL CAMERA
  • Penyetelan Low. Tempatkan rantai pada sprocket terbesar, dan putar Sekrup Setelan Low (Low Adjusment Screw) sehingga guide pulley bergerak pada posisi tepat segaris dengan sprocket terbesar.OLYMPUS DIGITAL CAMERA
  • Penyetelan Ketegangan kabel (Cable tension), selanjutnya kayuh pedal dan pindahkan rantai dari satu gear ke gear yang lain. Jika masih terdengar suara gemeretak dan rantai tidak berpindah ke gear yang dituju, coba untuk memutar pengatur ketegangan Kabel pada RD (Cable Tension Barrel Adjuster) atau Micro Adjuster pada shifter.
Penyetelan derailleur Depan (FD)OLYMPUS DIGITAL CAMERA
  • Penyetelan Low (Low adjustment), posisikan rantai pada chainwheel terkecil dan sprocket terbesar. Setel sekrup Low adjustment sehingga jarak antara rantai dan guide plate dalam memiliki celah/jarak antara 0-0,5 mm.
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
  • Penyetelan Top (Top Adjustment). Posisikan rantai pada chainwheel terbesar dan sprocket terkecil. Setel sekrup Top adjustment sehingga jarak antara rantai dan guide plate luar memiliki celah/jarak 0-0,5 mm.
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
  • Intermediate Chainwheel. Posisikan rantai pada chainwheel tengah dan sprocket terbesar. Setel micro adjuster pada shifter sehingga jarak antara rantai dan guide plate dalam memiliki jarak 0-0,5 mm.
Dibutuhkan sedikit ketelatenan dan kesabaran dalam melakukan penyetelan ini, so tidak perlu ke bengkel sepeda lagi kan untuk nyetel FD/RD happy cycling