Adalah Sir Clive Sinclair tokoh penemu teknologi yang “out of the box” yang terkenal era tahun 1970-1980 seorang investor dan usahawan, dimana perusahaannya lah yang mempelopori model kalkulator tipis di dunia dengan type ZX81… serta sebagai pioneer komputer yang biasanya dipakai dikantor akhirnya bisa di pakai di rumah…
Bukan berarti semua produknya sukses termasuk yang sesuai dengan judul ini adalah kendaraan ciptaan nya mengalami kendala di tengah jalan… varian eV (electric vehicle) yang mereka beri nama C5 yang dia perkirakan akan menjadi sebuah lompatan terbesar dalam hal transportasi pribadi gagal .. C5 adalah adalah sepeda kayuh roda tiga yang menaikinya dengan cara “terlentang” dan penumpangnya masuk dalam sebuah casing plastik , dimana penggeraknya adalah menggunakan motor listrik 0,34 bhp, dengan sumber daya dari lead-acid battery 12V , sebagai ganti saat pengendara nya rehat dari mengayuh sepeda “mobil” ini… top speednya hanya bisa menyentuh 16 kpj sampai maksimal 24 kpj maklum sepeda..
Pada awalnya tentu saja C5 menarik banyak perhatian, namun hanya laku beberapa ribu unit saja, walau layak dan sah untuk dikendarai di jalanan umum dan dapat ijin pemerintah, namun sulit dikendarai dan daya jangkau atau jarak tempuh baterai tidak maksimal…masalah lainnya adalah karena ukurannya yang terlalu kecil sangat menakutkan jika di kendarai di jalan raya, karena tidak terlihat oleh pengemudi kendaraan besar atau mobil dan kecepatannya yang lambat beresiko di ‘sundul’ kendaraan bermesin lainnya.. akhirnya kendaraan ini banyak ditinggalkan dan tidak laku..produksi dihentikan yang mana pabrikaannya belum ada setahun beroperasi..dan Sinclair Vehicles C5 ini akhirnya di discontinue..
Pada tahun 2017 Grant Sinclair ( keponakan dari Sir Clive Sinclair), yang melanjutkan bisnis keluarga melanjutkan kiprah kendaraan Sinclair dengan menciptakan versi terbaru dari C5 yaitu Iris eTrike dan dipasarkan melalui perusahaannya yang bernama “Grant Sinclair Desain”.
Dia mengklaim dalam sebuah wawancara dengan BBC, Grant Sinclair mengatakan bahwa Iris eTrike – nya lebih sempurna dan lebih baik serta tingkat keberhasilannya sangat tinggi karena sepeda listrik kini lagi jadi trend dan dicari… dari dimensinya Iris eTrike memang terlihat berbeda dari C5 karena dia lebih besar, lebih cepat dan dilengkapi dengan tutup kanopi dari ‘plastik’ berengsel terbuat dari akrilik yang biasa dipakai pada pesawat terbang …selain bisa digunakan dalam kondisi basah atau hujan, juga bisa melindungi pengendara dari aksi kejahatan yang sering dialami oleh pengendara sepeda… wah anti begal dong..
Spesifikasi Iris eTrike
- BATTERY : Removable Lithium-Ion battery pack.
Kapasitas : 48v 20Ah jarak tempuh lebih dari 85 km (lama Charge Baterai 1 jam) - MOTOR : 250 watt dengan gear hub motor (senyap dan minim perawatan)
- RODA : depan 2 type Velocity Aeroheat ukuran 20 inch dan belakang 1 type H Plus Sons Eero ukuran 26 inch
- BAN : semua ban anti bocor type Tannus slicks
- PEDAL : Shimano A530 SPD Double Sided Pedals
- KANOPY BERENGSEL : Tembus pandang dan anti Abrasi ( standart aviation Plexiglass)
- DISPLAY : LCD dengan backlight, petunjuk kecepatan , jarak, battery charge & power mode.
- LAMPU: Depan Quad RGB LED .. dan Single LED untuk lampu Rem dan menyatu denga sein .
- KONTROL : 8-tingkat kecepatan dengan tuas di grip kemudi.
- BERAT TOTAL : 55 kg ( termasuk baterai dan charger )
- RANGKA : Chromoly steel trike chassis dengan body superlight monocoque Quantum Foam EPP..
- Harga : 40 juta – 58 juta (harga dari pabriknya…)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar