Penyetelan Rem Cakram Mekanis


Beberapa hari lalu saya mengganti ban kedua roda sepeda saya. Setelah proses penggantian ban selesai, roda kembali saya pasang. Setelah roda terpasang dan sepeda saya coba, muncul suara heboh gesekan logam dari rem belakang. Wah, bingung, apa yang terjadi ya? Saya coba setel ulang roda. Suaranya masih ada meski tak seheboh sebelumnya. Saya lalu ingat bahwa rem harus disetel ulang.
Pada note ini saya ingin berbagi pengalaman saya dalam melakukan penyetelan rem cakram mekanis karena rem belakang sepeda saya adalah rem cakram mekanis. Sebelum melakukan penyetelan saya browsing mencari informasi tentang rem cakram, setelah dapat saya praktikkan. Alat yang dibutuhkan adalah dua kunci L yang berbeda ukurannya (saya nggak inget ukuran tepatnya).
Rem Cakram
Langkah-langkah selanjutnya:
  1. Mengendurkan baut pengikat "B" hingga kaliper dapat bergerak bebas ke arah samping.
  2. Menyisipkan potongan kertas karton di antara brake pad dan rotor bagian dalam, lalu kencangkan sekerup "D," sambil menjaga agar tidak terlalu kencang agar kertas karton yang disisipkan tadi tidak rusak. 
  3. Menarik tuas rem beberapa kali hingga penuh, lalu tanpa melepas tarikan pada tuas rem, mengencangkan kembali baut pengikat "B" secara bergantian. Maksudnya, tidak langsung satu baut (terdapat dua baut pengikat "B") dikencangkan sampai rapat, namun bergantian hingga diperoleh kerapatan sesuai rekomendasi buku manual.
  4. Mengatur jarak main rem dengan melakukan pengaturan pada barrel adjuster pada gambar "A." 
Sepeda lalu saya coba lagi, dan, bunyi-bunyian heboh sebelumnya tak terdengar lagi. 
Salam rem.

6 komentar:

  1. Terimakasih tips nya pak,
    Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. gan mau taya nih, kalo rem mekanik pada sepeda bisa di ganti dengan rem hidrolik gk ??

    BalasHapus
  3. Sanagat bermanfaat . . . matur nuwun

    BalasHapus
  4. Bagaimana jika cakram saya kasih oli?

    BalasHapus
  5. "barrel ajuster pada gambar A"
    Maksudnya gambar A yg mana ya...

    BalasHapus