Bike To Work

Kota Karawang memiliki landscape yang datar dan cocok sebagai areal pertanian, setelah berkembang menjadi kota Industri kota Karawang semakin kehilangan area hijau dan mulai penuh dengan limbah serta polusi yang berasal dari industri serta kendaraan bermotor. Bukan hal yang aneh jika pada pagi hari Kota Karawang mengalami kemacetan pada titik-titik tertentu terutama wilayah yang memiliki kepadatan pemukiman, Sekolah serta area industri. lihat saja Pertigaan Kosambi, Jalan raya Klari tepat didepan Kantor Desa Anggadita, Jembatan gantung Telukjambe, Perempatan Johar dan daerah dekat sekolah.
Sesungguhnya pada pagi hari ketika udara sejuk seyogyanya bisa kita nikmati untuk kesehatan diri kita, tetapi hal ini menjadi mustahil ketika kepadatan kendaraan bermotor membuat sejuknya pagi hari hilang berubah menjadi pengapnya polusi dari asap kendaraan bermotor. Sulit memang untuk mengembalikan kondisi tersebut dan memang bukan hal yang mudah.
Salah satu cara untuk mengurangi tingkat polusi tersebut adalah dengan mengurangi pemakaian kendaraan bermotor dan mulai menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi, kondisi kota Karawang memungkinkan hal tersebut. selain mengurangi tingkat polusi juga bisa menyehatkan badan.
Dibeberapa kota besar aktifitas seperti ini sudah banyak digemari dan dilakukan, terutama di wilayah kota besar seperti Jakarta. Selain sehat, bersepeda ke tempat kerja atau istilahnya ” Bike To Work” juga bisa menghindari kemacetan.

KEUNTUNGAN DARI BIKE TO WORK :

  • Sehat
  • Mengurangi Polusi
  • Menghindari Macet
  • Hemat
  • Bebas tilang

KEKURANGAN :

  • Untuk jarak yang terlalu jauh bisa menyebabkan kelelahan/capai.
  • Kondisi jalan raya yang dilewati bisa berbahaya
  • Harus membawa Pakaian Double untuk cadangan jika terlalu berkeringat
Jika di kota lain sudah mulai banyak terbentuk komunitas Bike To Work, saya belum melihatnya di karawang, dan tampaknya lebih banyak Bike To School dibandingkan bike to work. yang saya tahu di Karawang lebih banyak Komunitas atau Club bersepeda.
Apapun ceritanya, kesehatan adalah nomor satu jika bersepeda merupakan salah satu olehraga yang bisa menjadikan diri kita sehat maka tak ada salahnya untuk aktif melakukannya. (Kang tatang)

1 komentar:

  1. Ayo kita bike to work dari sekarang...mengurangi polusi udara...hehehehe

    BalasHapus